Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan yang disingkat dengan LPPMITSNU Pasuruan didirikan pada tahun 2018 bersamaan dengan berdirinya ITSNU Pasuruan, dan berdasarkan Surat Keputusan Badan Pelaksana Penyelenggara Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BP3TNU) Nomor: 015/BP3TNU-PAS/SK/VIII/2018 tentang Statuta ITSNU Pasuruan dan berada dibawah Rektor dipimpin oleh seorang Kepala Lembaga yang dibantu oleh sekretaris sesuai keperluan dan tenaga administrasi. Kepala LPPM diangkat dan bertanggungjawab kepada Rektor, Sekretarisdiangkat olehRektor dan bertanggungjawabkepadaKetua Lembaga. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai suatu wadah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan (ITSNU Pasuruan).

LPPM ITSNU Pasuruan didirikan dalam upaya untuk meningkatkan penelitian dan kewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu tiga pilar dasar pola pikir yang menjadi kewajiban bagi staf pengajar, yang meliputi : (1) Pendidikan, (II) Penelitian dan (III) Pengabdian kepada Masyarakat. Pendirian ini didasarkan pada Statuta, dan Rencana Strategis (RENSTRA) serta visi dan misi ITSNU Pasuruan. Pengambilan keputusan dalam pengelolaan penelitian di lingkungan ITSNU Pasuruan dilakukan oleh Rektor ITSNU Pasuruan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITSNU Pasuruan adalah pelaksana keputusan Rektor ITSNU Pasuruan di Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan TUPOKSI (tugas, pokok dan fungsi), lembaga LPPM dipimpin oleh Kepala LPPM, dan dibantu oleh satu orang sekretaris serta 3 kepala divisi, diantaranya divisi penelitian, divisi pengabdian masyarakat dan divisi pengembangan jurnal.

LPPM ITSNU Pasuruan merupakan unsur pelaksana akademik dibidang penelitian, yang bertugas melaksanakan pembinaan  dan  pengembangan  ilmu  pengetahuan, teknologi  dan  seni melalui penyelenggaraan program dan kegiatan penelitian. LPPM terdiri dari beberapa pusat penelitian yang berorientasi pada inter, antar dan multidisipliner sesuai dengan kebutuhan pengembanganTri Dharma PerguruanTinggi. LPPM ITSNU Pasuruan juga sebagai unsur pelaksana  yang memiliki tugas mengkoordinasikan, memantau dan menilai semua kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta ikut  mengusulkan dan mengendalikan pengelolaan sumber daya yang  diperlukan untuk memungkinkan pelaksanaan kegiatan–kegiatan yang bersangkutan.